Ads 468x60px

Thursday, March 8, 2012

Kenalkan, Nama Saya WISID

Sekitar 75 menit ke utara dari pusat kota Gresik yang terkenal dengan jajanan pudak-nya, terdapat suatu desa yang masih bagian dari kota Gresik. Desa tersebut bernama Delegan. Disana terdapat suatu sumber daya yang sangat bermanfaat apabila terus digali dan di lestarikan.
Pantai Delegan yang terkadang disebut pasir putih oleh warga sekitar, merupakan satu-satunya tempat wisata kota Gresik yang telah lama ada dan konon ramai dikunjungi warga. Namun, setelah di lihat lebih detail lagi, ternyata sebagian besar yang mengunjunginya hanyalah warga sekitar Delegan dan beberapa orang dari pusat kota Gresik, dan sedikit orang dari kota tetangga. Seperti kota Surabaya atau Lamongan.

Malah orang Surabaya dan Lamongan sendiri banyak yang kurang tahu tentang keberadaannya wisata ini. Memang Walikota Gresik tidak terlalu focus untuk mempercantik pantai ini. Beberapa alasannya adalah jauhnya lokasi dari pusat kota. Namun sebenarnya hal itu bukan masalah yang jadi penghambat untuk pelestarian daerah ini. Karena jalan ke pantai Delegan ini searah dengan jalan ke Lamongan apabila dari Surabaya dengan motor atau tanpa melalui jalan Tol.
Sebagai salah satu warga yang memiliki pantai "WISID" saya wajib mencoba untuk mempromosikan wisata pantai ini, karena Wisata segoro indah dalegan ini kecantikannya tak kalah dengan pantai-pantai terkenal di Indonesia, khususnya Jawa. Bila saya bandingkan dengan pantai pasir putih di selatan Jawa, atau pantai Ancol, pantai Delegan juga memiliki keindahan yang tak jauh beda, harga tiket masuknya pun tergolong murah cuma Rp.5000,- anda bisa menikmati keindahan suasana pantai yang masih alami ini, wisata segoro indah dalegan (WISID) ini dibuka untuk umum mulai dari jam 07.00 sampai 17.00 wib.
Hanya saja pantai Delegan lebih kecil, tak terorganisir dengan baik, sedikit turis, dan jauh dari pusat kota. Bu Sum misalnya. Pedagang Simping (hewan laut yang bercangkang putih bulat, sejenis kerang namun lebih lebar dan tipis) yang berdagang di dekat wisata pantai Delegan ini hampir tiap harinya hanya melayani warga-warga sekitar, dan jarang sekali mendapati pelanggan yang berasal dari luar kota. Bu Sum juga berkata bahwa rata-rata pengunjung wisata ini ada yang memang sengaja ingin mengunjungi dan beberapa diantaranya hanya singgah setelah rekreasi di goa Maharani, atau Wisata Bahari Lamongan. oleh karena itu saya mengajak teman-teman semua untuk mengenalkan tempat wisata kebanggan kita semua ini.
Sangat disayangkan apabila satu-satunya permata kota Gresik dijadikan cadangan atau alternatif dari rekreasi ke tempat-tempat wisata di daerah kota Lamongan. Padahal lahan yang tersedia cukup luas, potensi yang ada cukup tinggi, dan apabila dikelola dengan baik, kemungkinan untuk mendapatkan profit kota sangatlah tinggi pula. Namun yang lebih disayangkan lagi, beberapa remaja sekitar berkunjung ke wisata ini untuk berkencan dan melakukan hal-hal yang tidak umum di depan umum. Dimana hal tersebut seharusnya dihindari apabila menginginkan wisata pantai Delegan ini dikunjungi banyak orang dan ternama minimal di daerah Jawa Timur.
Untuk wisatawan yang pengen berkunjung dan menikmati keindahan pantai WISID, saya memberikan sedikit informasi peta menuju wisata segoro indah dalegan. mungkin bisa sedikit membantu buat wisatawan yang buta akan pantai tersebut.

0 comments: