Ads 468x60px

Thursday, March 8, 2012

Pantai Dalegan Diserbu Wisatawan, Warga Jadi Makmur

BERITANUSA-Libur tahun baru imlek ini, pantai Wisid (Wisata Segoro Indah Dalegan) yang terletak di kelurahan Dalegan, kecamatan Panceng, Kabupaten Gresik itu, Senin (23/01/2012) padat dikunjungi wisatawan lokal dari Gresik sendiri atau luar kota. 

Padatnya pengunjung itu juga diakui oleh
Muzarodin, Manajer Pengelola Wisata pantai Wisid. "Dari tiket yang masuk, kita tahu bahwa pengunjung di pantai tersebut mencapai seribu orang," katanya. 


Pantai Wisid atau yang lebih dikenal dengan nama pantai Dalegan ini lokasinya dari jalan utama Surabaya-Tuban sekitar 1,5 - 2,5 km. Untuk bisa masuk ke lokasi, para pengunjung dikenakan tarif sebesar Rp. 3 ribu untuk anak-anak dan Rp. 5 ribu untuk orang dewasa. 

Keunggulan dari pantai Wisid atau Dalegan tersebut adalah pasirnya yang putih, seperti halnya wisata pantai pasir putih di Situbondo. 

Dalam libur Imlek kali ini, lanjut Muzarodin, pihaknya menambah arena bermain berupa flying fox bagi pengunjung dan persewaan perahu. "Khusus liburan kali ini kami sengaja menyediakan tambahan arena bermain," ungkap Muzarodin yang juga Kepala Desa Dalegan. 

Kesejahteraan Masyarakat
Di lokasi pinggir pantai tersebut banyak kios-kios. Tercatat ada 9 kios yang ada di lokasi tersebut yang disewakan, sedangkan sisanya adalah milik pribadi. Kios ada itu disewakan dengan harga Rp. 3 juta per tahun. Artinya, ada pendapatan Rp. 27 juta per tahun. Belum lagi dari tiket masuk dan pendapatan dari parkir. 

Menurut Lina, salah satu penjual di kios tersebut, wisatawan yang berkunjung pantai tersebut umumnya padat pada hari libur dan hari besar. "Hasil dari wisata pantai Dalegan ini oleh pak Lurah dikembalikan ke masyarakat," ungkapnya.


Dikembalikan ke masyarakat dalam bentuk apa? "Dalam bentuk pembangunan, seperti pembangunan gedung kelurahan Dalegan, disamping itu ada 'bedah rumah'," tutur Lina lagi. Yang dimaksud dengan 'bedah rumah' adalah membenahi rumah-rumah warga yang kurang layak dari dana yang dihasilkan pantai Dalegan. 

Sayangnya, keberadaan pantai Wisid atau pantai Dalegan tersebut kurang dikelola secara profesional sehingga terkesan semrawut. Bahkan tempat untuk duduk saja terkesan kurang untuk pengunjung yang berjumlah ribuan.(*) 

0 comments: